Mengusung konsep yang berbeda, Artotel berdiri dengan sentuhan modern art yang kental. Pilihan konsep ini membuat keberadaannya jadi sangat mencuri perhatian. Maklum, kawasan Jl Dr Soetomo, tempat hotel ini berada, banyak dipenuhi bangunan bergaya arsitektur lama.

Memasuki lobby hotel, pengunjung langsung disambut dengan beragam furniture unik dan lukisan-lukisan yang cantik. Di pojok kanan lobby terdapat rangkaian anak tangga artistik yang menjadi icon hotel ini,karena pada dinding tangga dihiasi oleh karya Darbotz yang menggambarkan kehidupan metropolis,sebuah lobby yang lebih layak disebut sebagai gallery.

Artotel memiliki 6 lantai dengan 106 kamar. Nama kamar yang dipilih terbilang unik. Yaitu Studio 20, Studio 25 dan Studio 30. Nama ini mewakili luas keseluruhan kamar. Misal, Studio 20 berarati luas kamarnya 20 meter persegi.

Tidak hanya lobby hotel yang dihiasi oleh furniture dan gambar-gambar unik,hal serupa juga dapat dinikmati di dalam kamar hotel yang wallpapernya di design serupa dengan lukisan-lukisan asli seperti yang bertengger di dinding lobby.

Setiap pintu kamar memiliki warna yang berbeda yang nantinya akan menyesuaikan dengan wallpaper kamar diantaranya warna hijau muda yang mengidentitaskan bahwa wallpaper kamar berjudul Dreams yang Artistnya tidak mau di sebutkan identitasnya,Warna Abu-abu dengan wallpaper berjudul Soverign Black Mirror karya Arkiv Vilmansa,Biru Muda dengan wallpaper yang menceritakan tentang Perbedaan Karakter karya Faishal Habibie dan kamar terfavorit adalah Warna Orange yang wallpapernya berjudul Cerita Tentang Berbagi karya Hendara “hehe” Harsono.

Kamar yang dibandrol minimal Rp.470.000/nett memiliki fasilitas yang terbilang lengkap mulai dan yang membuat kamar Artotel lebih berbeda lagi dengan kamar hotel lainnya,Interior kamar dibuat 3 dimensi dan lebih uniknya lagi pintu kamar mandi dan pintu lemari di jadikan satu sehingga membuatnya multifungsi.

Hotel berbintang tiga ini juga menyediakan Restoran yang akan memanjakan perut baik yang berselera lokal maupun mancanegara, Salah satu menu andalan restoran Artotel ialah Bakmi Fuagra (BFG) yang di bandrol Rp.68.000 rupiah/porsi. Hotel yang beralamatkan di Jalan Dr.Soetomo no. 79-81 Surabaya ini merencanakan untuk selalu berinovasi setiap bulannya.

“Jadi apabila pengunjung dapat melihat nuansa lobby seperti ini saat ini,bisa saja ketika ia berkunjung kembali kemari bulan berikutnya ia akan merasa panggling karena kami telah mengubah seluruh aspek yang ia lihat sebelumnya,” ujar Satriani M.Damanik, Sales and Marketing Manager Artotel, Surabaya.

naskah : nur afni | foto : farid rusly