Singgah di Kota Kediri rugi rasanya jika tidak mencoba makanan legendaris dari Kota Santri ini. Selain tahu dan mie Kediri, salah satu kuliner yang patut Anda jelajahi kelezatannya adalah Soto Ayam Bok Ijo, atau sebutan lainnya Soto Ayam Tamanan.

Penjual soto ayam ini banyak dijumpai di sekitaran Jembatan Ijo timur Terminal Bus Tamanan Kota Kediri. Karena itu pula masyarakat setempat banyak yang menyebutnya dengan Soto Ayam Bok Ijo. Selain, di situ dapat kita jumpai di terminal bus itu juga.

soto bok ijoKeberadaannya yang cukup strategis yakni di area terminal bus yang terletak di Kota Kediri, membuat akses mereka yang ingin merujuk ke warung ini semakin mudah.

Soto Ayam Bok Ijo Kediri berbeda dengan Soto Ayam Lamongan. Memasaknya menggunakan arang, sementara dari segi kuah juga sedikit lebih encer, cabainya pun diulek lebih dulu di mangkok, ditambah dengan sajian pelengkap seperti sate telur puyuh, ayam panggang, dan beberapa sajian tambahan lainnya yang menggugah selera.

Sejarah dari Soto Bok Ijo atau Soto Ayam Tamanan, tidak dapat dipisahkan dengan lelaki bernama Pak No Surono. Yang waktu itu di tahun 1969 lokasi berjualan soto ayamnya di sekitar Bok Ijo.

naskah: m.ridlo’i | foto: farid rusly