Menjelang datangnya hari Kartini, Surabaya Plaza Hotel (SPH) menggelar acara Kartini Award 2011. Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang digelar untuk memperingati Hari Kartini setiap 21 April. Kartini Award adalah ajang penghargaan bagi para wanita yang mempunyai dedikasi yang tinggi dan berjasa di masyarakat.

Acara yang bekerjasama dengan Pusat Studi Wanita Universitas Airlangga tersebut rencananya digelar pada 19 April mendatang. Even kali ini mengangkat tema wanita dan kesehatan. Pendaftaran peserta dibuka selama satu bulan penuh, mulai 1 Maret hingga ditutup pada 1 April. Adapun kriteria para kandidat, yakni berprofesi unik, memberikan sumbangsih untuk bidang kesehatan, dan berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya. Batas usia para kandidat antara 18 – 60 tahun. Para Kartini itu nantinya akan diseleksi setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya akan dipilih sebanyak 10 orang finalis.

“Kriteria kandidat kali ini lebih mengutamakan sumbangsih mereka terhadap masyarakat, khususnya kesehatan, seperti wanita yang mengembangkan dan mencipatakan alat bantu untuk kesehatan, meramu obat – obatan tradisoional atau memperhatikan anak – anak cacat”, jelas Sri Endah Nurhidayati dari Pusat Studi Wanita Unair saat peluncuran acara Kartini Award di Cafe Taman Surabaya Plaza Hotel, Selasa (01/03) siang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa indikasi kondisi kesehatan masyarakat dapat dilihat dari angka kematian ibu dan anak. Maka, diadakannya penghargaan terhadap para Kartini – kartini yang berjasa terhadap sesama maupun masyarakat tersebut diharapkan menjadi peluang untuk menekan angka kematian para ibu dan anak, tambah perempuan yang menjadi salah satu dewan juri kompetisi itu.

Kartini Award kali ini adalah yang ke-11. “Even tersebut menjadi agenda rutin tiap tahun yang diadakan Surabaya Plaza Hotel (SPH), tahun sebelumnya kami mengangkat tema wanita dan hukum,” Ungkap Dyah Wahyu Utami, Public Relations SPH.

naskah/foto: frannoto