Ada banyak sisi menarik dari Kota Surabaya. Sebagian jarang terekam oleh mata kita. Etalase itulah yang hendak dirangkum dalam pameran foto ini. Dengan mengusung tema Surabaya Beyound Your Imagination- PocketGraphy & BBGraphy Exhibition, yang di gelar oleh Art Gallery House of Sampoerna dan bekerjasama dengan MAHA pada 20 Mei 2010 hingga 13 Juni 2010 mendatang.

Ke 30 hasil rekaman Blackberry serta kamera saku tersebut merupakan karya dari MAHA antara lain (Mamuk Ismuntoro, Agus Wahyudi, Hengky Setiawan, Andre).

Ke empat orang tersebut memiliki profesi yang berbeda beda. Namun mereka juga merupaan warga Surabaya yang dikategorikan peduli terhadap lingkungan sekitar kota Surabaya. Hal tersebut diungkapkan oleh Rani Anggraeni

Pameran tersebut di kuratori oleh Hari Yong diaman dirinya merupakan salah satu Fotografer ternama di Surabaya. Menurut Hengky, “obyek yang kami pilih bukan yang lazim dan yang biasanya Anda lihat di pameran2 foto tentang Surabaya yang sudah ada, kalaupun sama itu kali ini kita sajikan dari sudut pandang yang berbeda,” ujarnya kepada EastJavaTarveler di House Of Sampoerna.

Hal tersebut dapat dilihat dengan hasil jepretan Hengky yang merekam suasana bandara udara Juanda dari atas saat Pesawat terbang dan turun.

Hasil foto menarik lainnya nampak pada hasil rekaman Mamuk yang memilih lokasi pengambilan fotonya di sekitar Taman Apsari. “ saya merasa ada unsure visual art di tembok tembok yang bergambar (mural) itu, kadang banyak orang melintas di sana tapi ada yang menarik di sana,” urai Redaktur Foto (Surabaya Post) itu sambil menunjuk ke tiga fotonya.

Dirinya juga menambahkan bahwa, “ sebenarnya alat yang kami gunakan itu sudah termasuk canggih dan bagi kami (MAHA) kami di sini tidak mempersoalkan masalah teknis namun ini sudah merupakan karya seni,” imbuh pria yang juga tergabung dalam Pewarta Fotografer Indonesia (PFI) tersebut..

naskah dan foto : dhimas