Festival Seni Surabaya (FSS), Sabtu (6/11) malam, kembali digelar di komplek Balai Pemuda Surabaya. Pada pembukaan FSS 2010 ini bakal dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan seni tradisional serta modern, juga menampilkan hiburan seniman dan artis dari Surabaya, Jakarta serta sejumlah kota lainnya.

Ketua Panitia FSS 2010 Basuki Babussalam pada EastJavaTraveler.Com menjelaskan, jika pihak panitia terus terang berusaha mengumpulkan spirit dari FSS sendiri, setelah sempat vakum tanpa aktivitas di tahun 2009 lalu. “Ada kevakuman setahun setelah akhirnya ada kekuatan yang ingin kembali menggelar FSS,” ujarnya.

Khusus untuk pembukaan FSS  besok malam, Humas FSS 2010 Riadi Ngasiran mengatakan, pihaknya sudah mengagendakan sejumlah tampilan hiburan bagi masyarakat Kota Surabaya dan para penikmat seni.

Tema untuk FSS 2010 ini Surabaya Experience. Sebuah tema yang diharapkan dapat memberikan sentuhan baru bagi pentas seni dan kesenian di negeri ini. Mulai 6 sampai 14 Nopember nanti, FSS menyuguhkan aneka pertunjukan. Antara lain, pentas musik, teater, film, pameran seni rupa, instalasi, sampai urban art. Di acara pembuka, akan ada pertunjukan kolaborasi Kartolo, Dwiki Darmawan, dan Ita Purnamasri. (ridlo’i)