Sejumlah pemuda Surabaya, Jawa Timur, dari berbagai komunitas sosial dan komunitas industri kreatif berkolaborasi menyelenggarakan Surabaya Youth Carnival 2013 (SYC). Ajang yang digelar di Surabaya Town Square pada 1 Desember 2013 ini, merupakan ajang yang digagas oleh kumpulan pemuda-pemudi aktif Surabaya. Dengan mengusung tema “Be a Better Youth”, Surabaya Youth Carnival 2013 hadir untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada isu pendidikan dan kreatifitas.
Surabaya Youth Carnival 2013 diselenggarakan untuk membuat pemuda Surabaya mengetahui berbagai masalah sosial di sekitarnya. Sebagai bagian dari masyarakat, anak muda perlu turut ambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tidak hanya terkait dengan masalah sosial, ada banyak komunitas industri kreatif yang bisa menginspirasi anak muda tentang berbagai peluang di sekitar mereka.

Komunitas yang bergabung dalam SYC 2013 antara lain AIESEC Surabaya, Astronomy Club, Peri Kertas, Nebengers, Surabaya Astronomi Club, Bird Fix Gear, Surabaya Berkebun, Kompas MuDa Surabaya dan lain sebagainya. Sementara brand-brand dari komunitas industri kreatif Surabaya yang hadir antara lain //DAZZ Indonesia, Dus Duku Duk Boeat Kamoe, FASHIONISTAS, dan lain-lain. Ajang ini juga digunakan untuk mempromosikan brand lokal Surabaya yang produknya dibuat sendiri oleh pemuda Surabaya.

Berbagai kegiatan yang dikemas secara kreatif oleh Surabaya Youth Carnival 2013, bertujuan untuk menghantarkan pesan sosial bagi kaum muda Surabaya. SYC 2013 meneyelenggarakan seminar yang menganggkat tema Pendidikan dan Kreatifitas dengan pembicara Rene Suhardono, Anies Baswedan, Iwan Setiawan, Melanie Subono, Shafiq Pontoh, dan Handry Satriago. Selain itu juga tersedia booth creative market bagi para wirausaha muda pelaku e-commerce dan community booth untuk para komunitas sosial kepemudaan. Dan untuk memeriahkan suasana akan ada Mini Concert yang mengombinasikan seniman lokal Surabaya dan mengundang Payung Teduh sebagai bintang tamu.

naskah/foto : nadia jayanti