Semakin berkembangnya trend backpackers, menimbulkan peluang baru bagi pelaku industri kreatif lokal untuk terus mengembangkan pasar.  Ini tidak lepas dari kebutuhan dapat mencapai tujuan wisata dengan cepat dan mudah.

Hal tersebut mengilhami Yosephus Widyawan, untuk menciptakan peluang usaha baru di bidang transportasi. Cak Transport, begitu ia menamai bisnis taksi roda duanya. Dengan mengusung unsur budaya lokal dalam pemilihan namanya, Cak Transport diharapkan mampu menjadi sebuah ikon transportasi baru khas Kota Surabaya dengan konsep filosofis seorang Cak yang dimaknai sebagai semangat persaudaraan yang tinggi dan jiwa kesetia-kawanan.

Dengan harapan yang dibangun lelaki akrab disapa Cak Yosep ini, usahanya dapat menjadi kawan setia konsumen untuk memenuhi tujuannya dengan cepat dan mudah. Salah satunya di bidang taksi roda dua, yang siap mengantar wisatawan ke berbagai lokasi tujuan segala bentuk medan. “Intinya dari kami siap melayani bagai sahabat, seperti moto Cak Transport,” ucap Cak Yosep.

Sistem Pembayaran non cashCak Transport, berbeda dengan ojek, taksi roda dua ini menggunakan tarif berdasarkan agrometer yang dipasang di tiap armada yang dimiliki. Sehingga tarifnya pun pas dan tidak bisa ditawar. Selain itu taksi roda dua milik Cak Transport juga dilengkapi dengan GPS Tracker yang memudahkan pusat pelayanan, untuk mengecek keberadaan tiap armadanya, sehingga sangat efisien untuk menentukan riders mana yang jaraknya paling dekat dengan calon penumpang.

Dengan tarif Rp. 2.800 per km, taksi roda dua ini juga memberikan fasilitas asuransi keselamatan bagi penumpangnya. Sistem pembayarannya pun bisa menggunakan metode gesek, sehingga memudahkan bagi para penumpang yang terburu-buru dan lupa membawa uang cash. Beberapa armadanya mengaku pembayaran dengan metode non cash sangat disukai penumpang asing. Karena banyak di antara mereka lebih suka membayar dengan visa.

Dengan semakin meningkatnya konsumen asing, para riders pun diberikan pelatihan khusus Bahasa Inggris, agar lebih mudah berkomunikasi dan menjadi guide bagi para wisatawan asing. “Dengan kelebihan mampu mengakses beberapa tempat yang sulit dijangkau kendaraan roda empat, atau istilahnya dapat blusukan, kami yakin akan mampu bersaing dengan alat transportasi lain,” papar Cak Yosep.

Berbasis call center yang bisa diakses secara mudah, baik dengan telepon, BBM,  maupun online, Cak Transport yakin akan memberikan kemudahan bagi para pelanggannya. Sejak beroperasi pada 1 Oktober 2012, Cak Transport sudah melayani sekitar 5.000 pelanggan, dan jumlah itu terus meningkat 15-20 % tiap bulannya. naskah|foto : isa anshori

Cak Transport
Call center : 031-31000071 (72)
www.solusitransportasi.com