Prestasi membanggakan baru saja disandang Kota Surabaya. Salah satu taman yang ada di kota ini, Taman Bungkul meraih penghargaan internasional dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berupa “The 2013 Asian Townscape Sector Award” yang diserahkan di Jepang pada 26 November 2013.

“Alhamdulillah, Taman Bungkul mendapat penghargaan dari PBB. Penilaian ini dilakukan selama satu tahun,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut juga mendapat dukungan dari empat organisasi dunia yakni UN Habitat Regional Office for Asia and The Pacific, Asia Habitat Sociaety, Asia Townscape Design Society dan Fukuoka Asia Urban Research Center.

Penilaian paling menonjol dari prestasi Taman Bungkul didasarkan atas fungsi sosial, budaya, rekreasi dan pendidikan.

Menurut Risma, pihaknya belum mengetahui taman mana saja di dunia yang bersaing dengan Taman Bungkul. “Saya belum tahu berapa taman, nanti setelah di Jepang saya baru tahu,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa taman yang diusulkan, namun ternyata yang terpilih adalah taman Bungkul. “Dari Indonesia cuma Taman Bungkul Surabaya yang terpilih,” katanya.

Apresiasi besar terhadap penilaian taman ini, karena dilakukan selama satu tahun oleh penilai, sedangkan hal ini berbeda dengan penilaian Adipura yang hanya dilakukan selama tiga bulan.

naskah : M. ridloi I foto : farid rusly