Jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia selalu meberikan kesan yang tak pernah habis. Kesan tentang tempat wisata tersebut selalu berbeda, hal ini dikarenakan semua lokasi wisata tersebut memiliki karakter tersendiri, seperti yang diungkapkan Amanda Dianova Kusuma, Marketing Communication Executive at Sheraton Surabaya Hotel & Towers. Pengalaman berbeda pada setiap tempat wisata yang dikunjungi adalah suatu tantangan bagi setiap pengunjungnya.

“Hampir semua tempat wisata mempunyai ciri khas masing-masing yang membuat negeri kita seolah menjadi surga bagi para wisatawan, seperti hutan, pantai, gunung.

Begitu pula dengan Jawa Timur, bagi Amanda, di Provinsi ini kita patut bangga dengan destinasi wisata yang dimiliki. Bagi pribadinya, saat akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk kembali mengunjungi wisata Jatim salah satunya adalah Gunung Bromo. Menurut gadis kelahiran Surabaya, 4 November 1989 ini, berkunjung ke Bromo adalah hal yang paling menantang sekaligus untuk mengasah kemampuanya akan kegemarannya pada dunia fotografi,” imbuhnya.

Sebagai orang perhotelan, gadis penggemar kuliner semanggi ini juga tertantang untuk ikut serta menyampaikan informasi tentang kekayaan wisata Jawa Timur, misalanya kepada para tamu APEC 2013. Pada kesempatan itu, perlunya akan informasi dan wawasan tentang wisata sangat dibutuhkan.

Eksotisme yang disuguhkan wisata Jatim memang sedikit banyak sudah mencuri perhatian beberapa wisatawan negara lain. Dia juga menilai masih banyak berbagai wawasan tentang wisata Jawa Timur seperti wisata kuliner dan wisata sejarah yang ada di Kota Pahlawan ini. Berbagai jenis kuliner pun coba disuguhkan, seperti kue lapis legit, lontong balap, rawon dan masakan tradisional lain. Upaya ini juga mendapat respon positif dari para peserta APEC 2013 khususnya wisata sejarah yang ada di Surabaya.

naskah/foto : farid rusly