Kabupaten Lumajang memiliki berbagai macam obyek wisata dengan panorama alam yang memukau dan masih alami. Pesona keindahan alam paling menonjol dilihat dari pegunungan, pantai, danau serta obyek wisata lainnya masih tersimpan di daerah ini. Salah satunya adalah keberadaan Ranu Klakah, yang melengkapi Lumajang sebagai sebuah eksotisme di Jawa Timur.

Danau ini merupakan salah satu obyek wisata dari Kawasan Wisata Setiga Ranu (danau), yaitu terdiri dari Ranu Pakis, Ranu Bedali, dan Ranu Klakah. Ranu Klakah sendiri menawarkan sisi keindahan dari danau yang berlatar belakang Gunung Lamongan. Air danau yang jernih memantulkan lukisan alam di atasnya. Belum lagi hembusan udaranya yang segar seakan meniup syahdu derat nadi nelayan-nelayan setempat dalam menjaring ikan.

Jika kita datang di saat yang tepat dan lagi beruntung, kita akan disuguhi dengan pemandangan aktifitas nelayan yang sedang mencari ikan di area danau. Setiap hari, aktifitas ini dilakukan pagi hari menjelang matahari terbit hingga siang hari.

Wisata Danau Ranu Klakah ini merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk tujuan wisata yang ada di Jawa Timur. Obyek wisata yang berada pada ketinggian sekitar 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektar dan kedalaman 28 meter, juga menyuguhkan beraneka ragam oleh-oleh, berupa buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata ini.

Untuk menuju lokasi ranu ini tidaklah terlalu sulit. Yaitu terletak di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak sekitar 20 kilometer dari Kota Lumajang. Akses menuju lokasi wisata ini juga tidak terlalu jauh, jarak yang ditempuh dari jalan raya hanya sekitar 2 kilometer, dapat dituju menggunakan angkutan umum atau ojek kita sudah dapat menikmati keindahan alam Ranu Klakah.

Saat akhir pekan atau liburan musim panas, lokasi wisata ini juga cocok sebagai tempat wisata favorit keluarga, terdapat berbagai fasilitas yang menunjang liburan baik keluarga maupun anak-anak. Di antaranya yaitu, sarana permainan anak, jogging mengelilingi area danau dengan fasilitas jalan beraspal, lapangan tennis dan sarana memancing untuk keluarga hingga perahu wisata. Cukup dengan biaya Rp 10.000 kita juga sudah dapat mengelilingi area danau, terdapat juga berbagai jenis perahu untuk kenyamanan pengunjung diantaranya seperti, speed boot, jet ski dan perahu bebek yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Arum Enggaringtyas, Wisatawan asal Sidoarjo yang ditemui di lokasi mengatakan saat berkunjung ke Ranu Klakah ia dan keluarga merasa wajib mampir ke tempat ini. Selain udaranya yang segar, panorama alam memukau juga wahana permainan yang ada di sini juga lengkap. Itulah alasan dari Arum dan keluarga untuk berwisata ke Ranu Klakah.

Bagi wisatawan yang merasa belum puas untuk menikmati panorama danau Ranu Klakah, dikawasan wisata juga tersedia sarana Hotel untuk menginap dengan jumlah kamar 6 buah. Tidak kalah menarik, wisatawan juga dapat mengunjugi pasar tradisional yang terdapat di sepanjang jalan raya Klakah, berbagai jenis oleh-oleh juga dapat dijumpai di sini seperti, pisang yang sudah menjadi salah satu buah khas Kabupaten Lumajang dan masih banyak lagi.

naskah/foto : farid rusly