Apakah Anda salah satu orang yang gemar membawa pekerjaan ketika traveling? Jika iya, maka sebelum itu penting untuk mengetahui tips membeli laptop yang cocok untuk dibawa traveling.

Apalagi dengan adanya sistem work from home seperti ini semakin membuat kita lebih mudah mengerjakan dari manapun. Salah satunya sambil traveling.

Lalu mengapa ada tips tersendiri dalam membeli laptop yang cocok untuk traveling? Karena berbeda saat stay di rumah atau di kantor. Anda pasti tidak akan ke mana – mana, dan cenderung di tempat itu saja, ‘kan?

Nah, ketika traveling pasti Anda akan mengunjungi satu tempat ke tempat yang lain. Dan mau tidak mau laptop Anda harus tetap dibawa.

Oleh karena itu ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika hendak membeli laptop untuk dibawa traveling. Tentunya agar Anda tetap merasa nyaman ketika laptop yang Anda gunakan dibawa bepergian.

Nah, apa saja tips yang bisa Anda lakukan? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

5 Tips Membeli Laptop Yang Cocok Dibawa Traveling

Karena Anda juga tidak tahu akan terjadi hal apa ketika traveling, dan mungkin akan berpengaruh pada laptop. Maka sebelum itu, ada baiknya Anda menyiapkan laptop dengan kapasitas yang bagus sebagai teman traveling.

Berikut ini tips beli laptop yang cocok untuk traveling.

1. Pilih Laptop Yang Ringan
Karena laptop ini akan terus berada di ransel punggung Anda selama bepergian. Maka pilihlah laptop yang memiliki bobot ringan, maksimal beratnya 1,5 kg dengan layar sebesar 13,3 inci saja.

Hal ini sangat membantu Anda dalam membawa tas. Sehingga saat traveling Anda tidak akan kelelahan hanya karena menggendong tas laptop.

Saat ini menemukan laptop yang berbobot kecil sudah sangat mudah. Berbeda jika seperti dulu yang cenderung berat dan besar.

Dengan memilih laptop yang ringan akan lebih portable dan comfort untuk dibawa kemanapun.

2. Sesuaikan Spesifikasi Dengan Kebutuhan

Jangan hanya berpatokan pada bobot dan ukuran saja, percuma jika beratnya ringan tapi spesifikasinya tidak cukup untuk mengcover pekerjaan Anda.

Apabila pekerjaan Anda cukup berat dan spesifikasinya tidak mumpuni, untuk membuka belasan tab saja pasti langsung not responding dan lemot. Jika sudah lemot, biasanya justru jadi tidak akan mood dalam mengerjakan tugas lagi.

Selain itu, saat traveling pasti Anda banyak mengabadikan gambar dan video. Nah, untuk menyimpan file tersebut juga perlu penyimpanan yang tidak sedikit.

Jadi, sebelum membeli laptop tetap sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Jika memang butuh prosesor i7 namun bobotnya sedikit lebih berat. Itu juga tidak menjadi masalah, daripada saat traveling laptop Anda tidak kuat.

3. Usahakan Daya Tahan Baterai Awet

Tips membeli laptop selanjutnya adalah perhatikan daya tahan baterainya. Saat traveling, pasti banyak kondisi tidak terduga dapat terjadi. Misalnya tidak ada sumber listrik di tempat Anda melakukan traveling seperti di dalam hutan atau pegunungan, maka mau tidak mau Anda tidak akan bisa mengisi daya laptop.

Di sinilah peran daya tahan baterai akan bekerja. Umumnya laptop bisa awet hingga 6 – 8 jam. Bahkan ada yang sampai 13 jam.

Hal ini sebenarnya tergantung pada pemakaian laptop itu sendiri. Semakin berat pemakaiannya maka semakin cepat habis juga dayanya.

Oleh karena itu saat traveling, Anda bisa mengakalinya dengan tidak terlalu lama menggunakan laptop. Kecuali saat ada pekerjaan yang urgent atau hanya cukup memantau saja.

Setelah mendapatkan laptop yang baterainya awet, jangan lupa untuk merawat baterai tersebut agar performanya tetap oke sampai beberapa tahun ke depan.

Diantaranya jangan biarkan laptop hingga 0% dan jangan isi daya terus menerus.

4. Tahan Banting & Kokoh

Seorang traveler cenderung bebas dan aktif. Maka tidak menutup kemungkinan jika saat perjalanan menemui medan yang terjal lalu jatuh atau tersandung sesuatu dan akhirnya terkena ke laptop.

Maka dari itu, sebagai orang yang gemar traveling, Anda perlu memiliki laptop dengan material yang kokoh dan tidak cepat rusak jika tidak sengaja terbanting.

Dan sebaiknya, jangan pilih laptop yang berbahan dasar kaca. Karena akan sangat tricky jika dibawa traveling.

Sekalinya jatuh maka akan sangat fatal, maka dari itu tetap hati – hati ketika traveling untuk Anda yang sembari membawa laptop.

5. Body Laptop Fleksibel

Pasti Anda pernah menemui model laptop 360 derajat. Maksudnya di sini layar monitor laptopnya dapat diputar sampai dengan 360 derajat.

Sehingga membentuk seperti tablet. Tidak hanya mode tablet, Anda juga bisa merubahnya seperti menggunakan notebook.

Sehingga Anda bisa lebih bebas menggunakan pen dan menulis pengalaman traveling. Dengan fitur yang sudah semakin canggih dan keren ini akan membuat Anda lebih nyaman membawa laptop saat traveling.

Karena setiap suasana dapat menggunakan model laptop yang berbeda – beda.

Setelah menyimak 5 tips di atas, apakah Anda sudah paham bagaimana mencari laptop yang cocok untuk traveling.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung beli laptop online di marketplace Blibli atau di situs resminya langsung. Blibli menyediakan beragam laptop untuk semua kebutuhan. Salah satunya sebagai teman traveling yang sesuai dengan kriteria di atas.

Tidak hanya itu, kelebihan membeli laptop melalui marketplace Blibli yaitu Anda bisa mendapatkan banyak promo menarik. Dari mulai Flash sale, Combo, voucher Seller hingga Grosir. Temukan juga rekomendasi laptop untuk traveling di sana.

Jadi, apabila Anda membutuhkan laptop untuk dibawa traveling langsung saja kunjungi Blibli dan jangan lupakan tips membeli laptop di atas.