Provinsi Jawa Timur kaya akan destinasi wisata alam. Tak salah bila banyak terdapat tempat wisata alternatif yang dapat digunakan untuk berlibur. Salah satunya seperti yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo.

Di kabupaten ini terdapat wahana wisata alternatif yang dapat dibilang masih baru, yaitu Wisata Air Tlocor. Tempat wisata ini diresmikan pada tahun 2011 oleh pemerintah setempat. Tempat wisata air Tlocor menyuguhkan pamandangan pantai yang eksotis khas pesisir. Pulau ini adalah hasil endapan dari pembuangan Lumpur Lapindo.

Pulau yang dipenuhi dengan tumbuhan bakau ini kerap kali digunakan sebagai tepat penelitian bagi para mahasiswa. Lantaran, di kawasannya terdapat banyak biota laut khas pesisir. Selain sebagai tempat penelitian, wisata air Tlocor juga merupakan spot terbaik bagi para pamancing. Para pemancing akan diberikan pilahan untuk spot memancingnya. Ada yang di tambak, ataupun di laut lepas. Selain biota laut khas pesisir, wisata air Tlocor juga menawarkan makanan khas pesisir Desa Tlocor. Ada aneka olahan makanan, seperti kepiting, ikan, kerang, dan sebagainya.

tlocor 2Menuju Tlocor
Wisata Air Tlocor berada di ujung Sungai Porong. Perjalanan kita akan dimulai dari pusat Kota Sidoarjo. Dari sana kita menuju Kota Porong. Dari Jembatan Sungai Porong. Tepatnya berada di depan Pusdik Brimob Porong. Kita dapat menuju ke wisata air Tlocor dengan mengendarai mobil atau motor. Dari jembatan porong, kita langsung saja belok ke kiri. Dari sanalah perjalanan wisata kita dimulai.

Perjalanan awal kita akan disuguhi pemandangan rumah-rumah pedesaan dan keramahan warga setempat. Jalanan dari Porong menuju Tlocor sudah diaspal. Jadi semakin menambah kenyamanan perjalanan wisata kita.

Jalanan yang lurus dan ditemani oleh pemandangan Sungai Porong membuat siapa saja yang ke sana merasa rindu ingin datang lagi. Hamparan ladang, dan tambak kan milik warga juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Perjalanan 15 menit akan sampailah kita di Bundaran Tlocor. Di situ, kita akan mendapati tugu atau monumen Tlocor. Tugu itu berbentuk seperti buah apel yang di tengahnya terdapat akar bakau yang rimbun dan di atasnya terdapat daun bakau. Menurut cerita, tugu itu melambangkan daerah Tlocor. Di mana kekayaan di daerah Tlocor adalah tumbuhan bakau.

Di dermaga tlocor kita akan menemukan rumah makan khas pesisir, dan tambak-tambak untuk pemancing. Di sana juga terdapat perahu-perahu warga yang disewakan untuk para pengunjung yang hendak menuju ke Pantai Sarina.

naskah|foto : galuh emma, yunda eriski, febryanti