Kata Jancuk memang sudah akrab di telinga sebagian besar masyarakat Kota Surabaya sebagai ungkapan yang mempunyai banyak makna, selain sebagai sapaan akrab untuk teman dekat, kata “jancuk” sendiri juga bisa dimaknai sebagai ungkapan khas emosi warga kota pahlawan ini. Namun bagaiman jika kata “jancuk” ini dipakai sebagai nama jenis makanan, pasti akan terdengar sedikit aneh bagi sebagian orang yang sudah akrab dengan kata ini.

tumpeng_3Melihat fenomena ini, Surabaya Plaza Hotel (SPH) hadir untuk memfasilitasi kreatifitas komunitas yang ada di Surabaya dengan menggelar lomba menghias tumpeng Nasi Goreng Jancuk. Sebanyak 10 komunitas, mulai dari komunitas club model indonesia, club mobil, arisan, hingga club motor beradu kreatifitas dalam menghias tumpeng kreasi komunitas masing-masing.

Dyah Wahyu Utami sebagai penyelenggara acara ini mengatakan jika kegiatan ini juga digelar untuk kegiatan amal, Masing masing komunitas menyumbangkan uang tunai sebesar Rp.100.000 yang akan didonasikan untuk YPAB. sehingga hadiah yang diberikan kepada para peserta berupa hiburan dan voucher menginap dengan berbagai fasilitas menarik di Surabaya Plaza Hotel.

Sementara itu, Yusak Anshori, ketua dewan Pariwisata Jatim juga menjelaskan, peran komunitas dalam dunia bisnis maupun sosial sangat besar pengaruhnya. Sehingga dengan kegiatan ini, diharapkan akan mensinergikan antara kegiatan bisnis dan sosial.

Tidak hanya itu, dalam acara ini “kami juga ingin memberikan apresiasi bagi berbagai bentuk komunitas yang ada di Surabaya yang selama ini telah banyak memberikan inspirasi dan kreasi untuk dunia sosial maupun bisnis,”imbuh pria yang juga menjabat sebagai General Manager Surabaya Plaza Hotel ini.

naskah/foto : farid rusly