Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Kadin Sidoarjo dan sebuah surat kabar yang terbit dari Jawa Timur, menyelenggarakan pameran perdagangan dan industri bertajuk Sidoarjo Fair (SF) 2009. Acara ini berlangsung mulai 4-18 September 2009 di Parkir Timur Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

“Konsepnya murni dari Pak Win (bupati Sidoarjo),” ujar Octovianto Djatipramono, Manager Operasional Citra Pamerindo Exhibition Organizer. Menurutnya bupati Sidoarjo ingin menghadirkan hiburan rakyat setelah peristiwa lumpur Sidoarjo terjadi. Selama ini semua masyarakat terfokuskan pada bencana tersebut dan hampir lima tahun tidak ada even yang digelar. Selain itu, SF juga menjadi sarana memfasilitasi pembelanjaan masyarakat Sidoarjo supaya tidak menghabiskan uangnya ke Surabaya.

Berbagai jenis produk dan jasa turut memenuhi 50 stan pameran yang disediakan gratis untuk peserta pameran. Mulai dari perbankan, aneka UKM, aneka produk garmen, meubel, elektronik hingga makanan dapat dijumpai disana. Para peserta pameran dibagi menjadi tiga bagian (hall A, B, C) sesuai dengan pengkategorian yang telah ditentukan panitia.

“Mungkin tahun depan akan diadakan lagi tapi lihat dulu perkembangannya,” kata Octovianto ketika ditanya keberlanjutan even tersebut tahun depan. Untuk tahun ini target peserta pameran telah terpenuhi (50 stan sudah terisi). Sedangkan respon masyarakat cukup baik dan tercatat lebih dari 3000 orang mendatangi SF tahun ini. SF merupakan rangkaian acara Sidoarjo Festival 2009 sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

naskah dan foto : arum