Karya seni bisa menjadi gambaran keseharian kita. Itulah yang dapat dilihat pada kaya-karya Antonius Kho yang dipajang di Art Gallery House of Samperna, 15 Mei hingga 14 Juni 2009. Kali ini, Antonius mengekspresikan bentuk karyanya menjadi 28 karya lukis dan 5 karya tiga dimensi.

“Ciri khas lukisan saya kali ini menggunakan bahan aclrylic dan gambar anjing yang ada di setiap karya saya,” jelas Antonius Kho yang sekarang berdomisili di Bali ini.

Arti dari pemakaian gambar anjing adalah kesetiaan, karena anjing merupakan hewan yang setia kepada majikannya. Hal itulah yang ingin disampaikan oleh Antonius, di mana pameran ini merupakan ajang pengungkapan kesetiaan Antonius terhadap profesi seniman yang telah puluhan tahun dijalaninya.

“Saya mendapatkan semua inspirasi saya melalui kehidupan sehari-hari yang saya jalani,” tegas Antonius sambil menjelaskan makna lukisannya kepada EastJava Traveler.

Seniman asal Klaten ini telah sering mengadakan pameran tunggal ataupun bersama ini yang bukan hanya di Indonesia saja namun sampai di berbagai negara seperti Korea, Jepang, Kanada, Jerman, Malaysia, dan Switzerland. Keberhasilannya membuat terobosan baru dalam dunia seni rupa ini lah yang membuatnya bisa dikenal diberbagai negara.

naskah : fransiska winoto | foto : arista ika