Pemilihan Raka-Raki Jatim kembali di gelar untuk menentukan siapakah kandidat terbaik yang akan menjadi Duta Wisata Jawa Timur 2010. Acara ini diselenggarakan pada 3 April di lantai 5 Empire Palace, Jl Blauran Surabaya ini dipenuhi oleh para suporter yang datang untuk mendukung duta  jagoan mereka.

Dari semua duta yang berasal dari 38 kab/kota ini akan dipilih 10 duta, yaitu 5 RAKA dan 5 RAKI yang akan masuk ke babak Grand Final pemilihan Duta Wisata Jawa Timur 2010.

10 kandidat Duta Wisata ini harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para juri. Jawaban-jawaban mereka inilah yang akan menjadi bahan penilaian para juri untuk memutuskan siapakah yang akan menjadi Duta Wisata Jawa Timur 2010.

Dari hasil penilaian para juri, Salempang yang bertuliskan RAKA-RAKI Jatim 2010 dipasangkan kepada  Mohamad Reza N. RAKA asal Kab. Malang dan Swasti Nuswantari RAKI asal Kota Malang. Penyerahan hadiah kepada pasangan Raka-Raki Jawa Timur 2010 ini diserahkan langsung oleh Dr.H.Soekarwo selaku Gubernur Jawa Timur.

“ mudah-mudahan pasangan Duta Wisata Jatim 2010 ini bisa mengembangkan wisata Jatim dengan baik sehingga dikenal oleh masyarakat banyak “ kata Amalia, salah seorang Finalis RAKI asal Pamekasan.

Selain pemilihan Raka-Raki Jatim 2010, dipilih juga Raka-Raki Persahabatan Jawa Timur yaitu Prasetyo Muhardadi asal Kota Surabaya sebagai RAKA persahabatan dan Swasti Nuswantari RAKI asal kota Malang yang sekaligus sebagai RAKI Wisata Jawa Timur.
naskah|foto : heru kandari