Memperingati Hari Jadi Jawa Timur ke 68, Pemerintah Provinsi Jatim menggelar Festival Kuliner Jawa Timur di Area Parkir Outdoor Grand City Surabaya, 25-27 Oktober 2013. Dalam festival ini, pengunjung diajak menikmati berbagai sajian kuliner khas Jawa Timur. Sajian ini bisa ditemui di 26 stand yang mewakili 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Event kuliner yang dibuka Saifulah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur ini berlangsung cukup meriah. Selain diwarnai kuliner khas yang bervariasi, festival juga diperkaya dengan demo masak dan Srimulat sebagai pengisi acara.

“Festival Kuliner Jawa Timur ini diadakan karena mengingat bahwa kuliner ini bukan hanya sekedar makanan, tetapi memang warisan budaya secara turun menurun yang pada akhirnya menjadi ciri khas kota tersebut,“ kata Resti, Panitia Penyelenggara.

Berbagai macam stand dari berbagai kota dihias dengan sangat menarik agar pengunjung tertarik untuk singgah. Salah satunya Kabupaten Blitar. Kabupaten ini menghadirkan Opak Gambir serta Miniatur Candi Penataran yang terbuat dari jenang. Mereka membagikan opak gambir kepada pengunjung untuk dijadikan sebagai tester.

naskah : felicia | foto : stevanus windah