Gunung Kelud, Ds. Sugihwaras, Kec. Ngancar, 45 menit timur Kota Kediri, merupakan Gunung dengan karakteristik unik dan menjadi daya tarik lebih bagi menjadi suatu obyek wisata. Keindahan alam pegunungan dan daya tarik lain seperti terowongan, jalan misterius, pos pengamat vulkanologi, industri pembuatan gula merah tradisional, dan perkebunan nanas, cengkeh, kopi menjadikan gunung ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara baik untuk berwisata maupun penelitian.

Sejalan dengan perkembangan aktifitas gunung ini pada medio awal November 2007, letusan yang diperkirakan besar ternyata hanya memunculkan kubah lava yang sampai saat ini mencapai ketinggian + 250 m dan diameter 400 m.

Berdasarkan informasi dari Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung, fenomena unik ini diklaim baru pertama kali ini terjadi di dunia dimana letusan bersifat efusif (keluar pelan) dan bukannya erupsif (lontaran) yang membentuk sedimentasi sampai sekarang. Material pembentuk kubah lava yang keluar mencapai 700.000 m3 per hari. Pendek kata, terjadi pembentukan gunung baru secara pelan-pelan. Jadi, saat kita menyaksikan gunung tersebut, berarti kita juga menyaksikan terjadinya pembentukan gunung baru.

Berdasarkan besarnya animo wisatawan yang sangat ingin menyaksikan fenomena baru ini, Pemkab Kediri membuka kembali Wisata Gunung Kelud mulai tanggal 3 Agustus 2008. Pos Vulkanologi yang berada di kawasan Gunung Kelud ini akan terus memantau perkembangan yang ada dan menginformasikan kepada wisatawan yang datang. Jadi, tunggu apa lagi. Jadilah yang pertama untuk menyaksikan fenomena langka alam ini. sumber : kantor parsenibud kabupen kediri